Kamis, 06 Oktober 2011

Individu, Keluarga dan Masyarakat

Individu

individu berarti seorang, atau berdiri sendiri. suatu kesatuan yang paling kecil bukan sebagai manusia keseluruhan  yang bersosialisasi. Dalam ilmu sosial, individu menyangkut kepada kehidupan yang majemuk yang serba sendiri tanpa ada campur tangan orang lain.Tetapi manusia tidak dapat hidup secara individu, karena harus bersosialisasi dengan sekumpulan orang lain untuk mencapai tujuannya.

Keluarga

kumpulan beberapa orang yang terikat dalam suatu keturunan, hubungan darah atau hubungan perkawinan. Biasanya terdiri dari suami, istri, dan anak yang selalu menjaga rasa nyaman dan tentram dalam menghadapi suatu masalah suka dan duka. Peranan dalam masing-masing anggota keluarga sangatlah penting dan berkaitan satu sama lain. Contohnya seorang ayah harus mencari nafkah, pendidik, pelindung. Seorang ibu berperan mengurusi rumah tangga dan peran dari anak-anak adalah melaksanakan psikosial sesuai berkembangannya dengan baik. Tipe keluarga di Indonesia biasanya bersifat Keluarga besar yang keluarga inti ditambah dengan adanya sanak saudara karena masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dengan adat istiadat yang kuat


Masyarakat


Masyarakat adalah sekelompok orang yang telah mempunyai adat istiadat, kepentingan yang sama dalam lingkungannya. Dalam setiap tatanan hidup bermasyarakat selalu membutuhkan suatu aturan yang berbeda. Tergantung kepada kebutuhan setiap golongan masyarakat itu sendiri. Biasanya peraturan tersebut demi menjunjung mencapai kepentingan bersama. Masyarakat tergabung dari individu-individu. Oleh karena itu, setiap individu harus bisa menjadi individu yang modern dalam arti tanggap terhadap perkembangan zaman. Agar dapat menyeimbangkan kepentingan bersama yang terus berkembang.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review