Sabtu, 22 Oktober 2011

Peran Pendidikan dalam Pembangunan

Peran pendidikan dalam pembangunan sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas sebagai sumber daya. Pembangunan mencakup semua aspek kehidupan manusia, ekonomi, politik aspek sosial. Dalam proses meningkatkan kualitas dilaksanakan dengan pemberian ilmu pengetahuan, keterampilan dan nilai sikap. Dari pemberian ilmu pengetahuan, keterampilan dalam hal apapun dan nilai-nilai sikap akan memunculkan manusia yang berkualitas untuk memajukan pembangunan negara itu sendiri.
Dalam pendidikan ini harus mengikuti alur ilmu pengetahuan yang terus berkembang setiap waktunya. Kita harus modern dalam sisi positif agar tidak tertinggal pembangunan negara-negara yang lainnya.
Peran pendidikan dalam hal ekonomi juga sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja dan proses pengembangan teknologi. Bertambahnya tingkat pendidikan tenaga kerja akan berpengaruh terhadap hasil dapat meningkat dari segi kualitas dan kuantitasnya. Dari hasil tersebut maka produktivitas tenaga kerjanya akan ikut meningkat.
jadi, dalam kehidupan manusia peran pendidikan sangatlah diperlukan. Biasanya pendidikan tersebut dilakukan dalam bentuk pembelajaran formal dan informal, seperti SD, SMP, SMA bahkan perguruan tinggi. Apabila kehidupan manusia tidak dipenuhi dengan pendidikan maka kehidupan manusia itu tidak akan terarah engan baik. Pembangunan berarti perbaikan untuk menuju ke arah yang lebih maju, perbaikan dari yang belum ada menjadi ada dan perbaikan dari yang jelek menjadi lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review